CARBURATOR

Senin, 07 Desember 2009

cara menservis karburator


Carburetor adalah suatu part yang akan mencampur udara dan bensin sebelum masuk ke internal combustion. Cara kerja carburetor sudah pernah dibahas tinggal click disini...!!! :D Berbeda dengan carburetor yang relatif simple karena ganti main/pilot jet pluz setting fuel/air ratio aza, pada Injection …banyak sensor yang digunakan sebagai input untuk menentukan berapa banyak campuran udara pluz bensin yang akan diinject..!!! Semua sensor tersebut, dimonitor oleh engine control unit (ECU).. semuanya sudah serba electric dan beberapa sudah computerized… (jadi nggak heran.. kalau di motoGP settingannya pake notebook segala.. !!! ) :D

Keuntungan penggunaan carburetor dibandingkan dengan injection :

  • Mudah melakukan setting, tinggal setting main/pilot jet pluz mainin angin.. !!! :D
  • Harganya relatif lebih murah… dibandingkan dengan injection, karena kalau injection kena sensornya atau ECU nya rusak… otomatis nganggur.. tuh motor..!!!

Keuntungan dari penggunaan injection dibandingkan dengan carburator :

  • Karena menggunakan sensor dan ECU (Engine Control Unit), maka campuran antara udara pluz bensin lebih akurat… impactnya lebih efisien penggunaan bahan bakar, juga berdampak pada gas buang emisi rendah..!!
  • Meningkatkan power (walau nggak signifikan), yang disebabkan pada airflow. Pada carbu yang menggunakan venturi …loss nya lebih besar dibandingkan dengan yang mengunakan injection…!!!

Engine Control Unit (ECU, disebut juga EMS atau ECM.. sami mawon lagh).. adalah suatu alat elektronic yang mengontrol berbagai aspek terkait dengan operasi internal combustion. ECU inilah yang menentukan banyaknya bensin yang masuk, waktu pengapian dan mengontrol berbagai sensor. Sensor yang dikontrol antara lain :

  • Throttle Position Sensor, sensor ini akan memonitor posisi dari throttle. Sensor yang ditangkap diteruskan ke ECU dan akan mempengaruhi injection timing dan ignition timing.
  • Mass Flow Sensor, sensor ini yang akan menentukan berapa banyak oksigen akan memasuki fuel injected engine.
  • Oxygen Sensor (lamda probe) , sensor ini akan mengukur proporsi Oksigen (O2) dalam suatu gas. Sensor ini diletakkan exhaust system untuk mengetahui apakah kebanyakan oksigen atau bensin… :D
  • dan masih banyak sensor lainnya… :P

Kalau moge-moge apalagi keluaran terbaru… hampir semua sudah injection semua… !!! Dan memang harganya moge yang tinggi … penggunaan injection mungkin worth it dan juga karena pabrikan sudah merancang hal itu.. dan konsumen nggak ada pilihan lain…!!! Gimana dengan motor cc kecil (misalnya bebek red.)…??? Yah silahkan saja menghitung keuntungan injection dibandingkan dengan harganya… You have to make a judgement … not me..!!! :D

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar